Beranda | Artikel
Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 62 - 64 (Ustadz Badrusalam, Lc.)
Selasa, 17 Oktober 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Kajian Tafsir Al-Quran oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

(Download juga kajian sebelumnya: “Tafsir Surat Al-Baqarah [2]: 60 – 61″)

Ringkasan Kajian Tafsir Al-Quran: Tafsir Surat Al-Baqarah [2]: 62 – 64

Di ayat yang ke-62 Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَالَّذِينَ هَادُوا وَالنَّصَارَىٰ وَالصَّابِئِينَ مَنْ آمَنَ بِاللَّـهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَعَمِلَ صَالِحًا فَلَهُمْ أَجْرُهُمْ عِندَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ ﴿٦٢﴾

“Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.”(QS Al-Baqarah [2]: 62)

Faidah dari ayat ini yang bisa kita petik:

  • Allah tidak pernah mendzolimi hamba-hambaNya
  • Buah yang ranum dari beriman kepada Allah dan hari akhirat.
  • Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat dan beriman kepada para Nabi, tidak ada bedanya di sisi Allah. Semua akan diberikan pahala yang besar.
  • Betapa besarnya pahala orang yang beriman dan beramal shaleh.
  • Kalau kita memburukkan suatu kaum, maka kita harus memuji orang-orang yang baik dari kaum tersebut.

Selanjutnya ayat yang ke 63 dan 64 Allah Ta’ala Berfirman:

وَإِذْ أَخَذْنَا مِيثَاقَكُمْ وَرَفَعْنَا فَوْقَكُمُ الطُّورَ خُذُوا مَا آتَيْنَاكُم بِقُوَّةٍ وَاذْكُرُوا مَا فِيهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ ﴿٦٣﴾ ثُمَّ تَوَلَّيْتُم مِّن بَعْدِ ذَٰلِكَ ۖ فَلَوْلَا فَضْلُ اللَّـهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَتُهُ لَكُنتُم مِّنَ الْخَاسِرِينَ ﴿٦٤﴾

“Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari kamu dan Kami angkatkan gunung (Thursina) di atasmu (seraya Kami berfirman): “Peganglah teguh-teguh apa yang Kami berikan kepadamu dan ingatlah selalu apa yang ada didalamnya, agar kamu bertakwa”. Kemudian kamu berpaling setelah (adanya perjanjian) itu, maka kalau tidak ada karunia Allah dan rahmat-Nya atasmu, niscaya kamu tergolong orang yang rugi.”(QS Al-Baqarah [2]: 63-64)
Simak penjelasan selengkapnya dari tafsir ayat-ayat tersebut di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Badrusalam, Lc. berikut ini.

Download Kajian Tafsir Al-Quran: Tafsir Surat Al-Baqarah [2]: 62-64


Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi orang lain.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/28187-tafsir-surat-al-baqarah-ayat-62-64-ustadz-badrusalam-lc/